Selasa, 07 Juni 2011

SekilAS TENtang KomPRESOR.......

kira kira seminggu yang lalu adik gw tanya gini "bang kompresor itu apa ya?"
nah bermula dari itulah sepertinya gw pengen ngupas sedikit tentang apa yang dikasih nama kompresor...
eits tapi sebelumnya jangan salah ngerti ya,kompresor itu bukan buat menghasilkan angin atau nyimpen angin dalam tabung yang mirip kapsul, seperti yang banyak ditulis ditulis di tambal ban pinggir jalan itu loh!! so jangan salah ngerti ya,,.. langsung aja deh...

KOMPRESOR itu adalah alat atau mesin yang fungsinya untuk mengkompresi udara atau dengan kata lain kompresor itu adalah alat yang manghasilkan udara bertekanan. prinsip kerjanya gini nih, mula-mula udara masuk ke dalam ruang kompresi nah kemudian udara tersebut ditekan(dikompresi), penekannya itu macem-macem ada yang torak,sudu, tergantung jenis kompresornya, setelah ditekan udara tersebut mengalami kenaikan tekanan yang mana tekanan udara tersebut lebih tinggi dari tekanan udara masuknya(inlet).

P inlet(udara masuk) < P outlet(udara keluar)

gambar kompresor Axial dan perubahan tekanannya

kira-kira gitu tuh contoh perubahan tekanan yang ada di dalam kompresor jadi tekanan yang tadinya rendah setelah dikompresi di dalam kompresor tekanannya kemudian naik.
Contohnya gini misalkan tekanan udara masuk  nilainya sama dengan tekanan udara atmosfir(ambient pressure) yaitu 1,013 bar, kemudian udara tersebut dikompresi di dalem kompresor nah hasil keluaran dari kompresor itu ntar bakalan naik tekanannya,misalkan 7 bar.

kompresor itu sendiri secara umum dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. kompresor dinamik

yaitu kompresor yang aliran udaranya itu continue secara terus menerus selama dioperasikan, aliran udaranya tetap(konstan). ini kalo diibaratkan ini kayak garis lurussssssss gitu deh. coontohnya adalah kompresor sentrifugal dan kompresor axial.

gambar kompresor sentrifugal

2. kompresor positif displacement
yaitu kompresor yang aliran udaranya itu terputus-putus,hmm kira-kira udara keluarannya itu hampir seperti detak jantung manusia. contohnya adalah kompresor torak(piston).

gambar kompresor torak


nah itu tuh sekilas tentang kompresor yang pengen gw share ma kalian,,,oh iya satu catetan lagi fluida kerja yang ada di kompresor itu gas ataupun udara, atau dengan kata lain fluda kerjanya bukan cair, seperti air dan  minyak.kalo untuk memindahkan zat cair itu namanya pompa geh..hehe...

cukup sekian deh,,mari kita berbagi dalam ilmu pengetahuan biarpun sedikit.......
dengan share kita menjadi lebih tahu......
oh iya kalo kurang lengkap maaf ya coz ini postingan per dana nih,,hehe....

1 komentar:

  1. waaaah menarik sekali artikelnya..perkenalkan saya arief dari PT MAIRODI MANDIRI SEJAHTERA khusus bidang pelatihan/training..mungkin informasi dari perusahaan kami dapat bersibergi dengan artikel yang anda buat..informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resmi perusahaan kami,berikut informasi lengkapnya..
    mairodi-training.com
    pelatihan-indonesia.com
    training-bandung.com
    pelatihan-jakarta.com
    training-yogyakarta.com
    training-k3.com
    Mudah-mudahan dapat saling membantu..
    Salam..sukses

    BalasHapus